Download Musik Bukan Kriminal

VIVAnews – Billy Bragg, Ed O’Brien dari Radiohead serta Dave Rowntree dari group musik Blur merupakan beberapa artis papan atas yang tidak sejalan dengan mayoritas industri rekaman yang tidak menyukai ketersediaan musik di blog, forum, dan situs warez.

Pendapat mengenai penggemar musik yang tidak perlu dihukum bila mendownload MP3 itu diekspresikan pada spanduk ketika Featured Artists Coalition (FAC), menggelar kampanye pertama mereka di Heaven Wednesday, sebuah club di London. FAC merupakan wadah bagi musisi yang melindungi hak dari musisi dan seniman.

Saat ini FAC terdiri dari 140 musisi di antaranya adalah Billy Bragg, Peter Gabriel, Nick Mason dari Pink Floyd, Robbie Williams, Annie Lennox, Bryan Ferry, Kate Nash, dan White Lies. Billy Bragg, yang merupakan penyanyi dan penulis lagu veteran serta aktivis politik menyatakan bahwa mendownload musik seharusnya tidak diklasifikasikan sebagai tindakan kriminal.

“Apa yang saya katakan pada pertemuan itu adalah bahwa industri rekaman di Inggris masing memperlakukan penggemar kami sebagai kriminal karena mendownload MP3 ilegal,” kata Bragg seperti VIVAnews kutip dari PCWorld, 15 Maret 2009. “Jika kita mengikuti industri musik ke jalan tersebut, kita hanyalah akan menjadi bagian dari para proteksionis. Sama halnya seperti mengembalikan pasta gigi ke dalam tabung,” ucapnya.

Bragg menyatakan, artis seharusnya memiliki hak atas karyanya. Merekalah yang harus memutuskan apakah musik mereka bisa digunakan secara gratis, atau perlu mendapat bayaran. Bragg juga menyebutkan bahwa FAC berencana membawa gagasan dan pandangan mereka pada pemerintah Inggris yang sedang berusaha mengatasi pembajakan online. Diperkirakan, perusahan film dan musik akan kehilangan 1 miliar poundsterling atau sekitar 1,38 miliar dolar AS dalam lima tahun ke depan akibat pembajakan.

Salah satu direktur di FAC yakni Dave Rowntree, drummer yang baru-baru ini mereformasi group band Blur menyatakan bahwa revolusi digital menawarkan peluang yang fantastis bagi musisi dan juga penggemarnya.

“Dengan berkembangnya revolusi di industri musik, Featured Artist harus menangkap inisiatif ini,” kata Rowntree. “Kami akan mencari metode kerjasama baru yang didasarkan oleh keadilan dengan penggemar kami, industri musik, dan juga pemerintah,” ucapnya.

Ed O’Brien dari group band Radiohead juga menekankan bahwa para pemusik perlu mengambil sikap karena sangat vital khususnya di saat yang penting bagi industri musik saat ini. “Banyak hak cipta dan keuntungan yang terkikis, dan kami membutuhkan satu suara,” kata O’Brien. “Menurut saya, pemain utama di industri musik ingin mendengar apa yang akan kami sampaikan,” ucapnya.

Sumber: http://teknologi.vivanews.com/news/read/40654-download_musik_bukan_kriminal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s