Pengalaman punya usaha memberiku beberapa pelajaran hidup

Malam ini, sebelum tidur iseng2 aku nyalain komputer lamaku.. Sebuah PC yang sebenarnya belum lama dibelikan ortuku..Ah, aku jadi malu… dulu aku bilang gak akan minta laptop kalo sudah dibelikan komputer baru,,tapi nyatanya karna sebuah matakuliah yang sebenarnya juga gak perlu2 banget sebuah laptop membuatku merengek kepada mereka untuk dibelikan laptop.
“Tak usah merk terkenal ato spek tinggi..”, begitu kataku saat itu.
Cih,, malu aku terhadap beliau berdua..
Belom lagi aku selalu berkilah laptop sangat membantu TA yang akan aku kerjakan, tapi nyatanya hingga detik ini aku blom juga mulai menjalankan fungsi laptopku untuk membantu TA..

Oke, fokus pada judul.. Dengan ditemani iringan soundtrack laskar pelangi yang dibawakan dengan apik oleh Nidji aku mulai menulis tentang beberapa pelajaran yang membuatku tak bisa tidur malam ini.Membuatku tak kunjung terlelap, dan akhirnya hanya berguling-guling tak jelas di kasur..
Ya, keputusan melihat2 isi komputer yang lama tak kupakai itu membuatku berpikir..
Lebih tepatnya, karna aku melihat foto2 kenangan beberapa tahun yang lalu…
Ada foto jalan2 ke semarang, masa2 jomblo, lalu KKN, hingga ada gambar sebuah kios pulsa…Hmm,,pikiran segera melayang2 membayangkan betapa sengsaranya pikiranku dulu ketika setengah mati aku ingin keluar dari “usaha bersama” yang sebenarnya sangat aku inginkan menjadi maju itu…

Entah setan apa yang slalu membisiki telingaku.. Mungkin karna laba yang terbilang kecil tidak sesuai dengan bensin yang harus aku beli untuk kesana, waktu yang terbuang sia2 hanya karna saat itu kami belom mampu bayar pegawai hingga rasa berontakku karna tempat usaha yang kurang strategis membuatku ingin segera keluar dari tempat laknat yang tadinya diharapkan menjadi surga bagi kami, para pendiri kios pulsa bernama AADCell..

Oke, berati pelajaran pertama adalah jangan memulai usaha tanpa pertimbangan matang, baik itu jenis usaha maupun tempatnya sendiri.
Sebenarnya pemikiran kami sudah cukup kuat untuk memulai sebuah usaha kios pulsa.. Kenapa? karna calon tempat usaha kami dikelilingi kos-kosan..
Tapi kenyataannya, dalam sehari tak lebih dari 20 orang yang mampir membeli pulsa di kios kami.. 10 org saja sudah bagus saat itu.
Berarti anggapan kami telah salah, dan memang kurang prospek kalo cuma mengandalkan anak kos yang jelas saja tidak mungkin untuk beli pulsa tiap hari..
Ahh, lain kali buat kalian semua kalo mau buka kios pulsa mending di pinggir jalan raya atau skalian sewa kios di Mall lalu jualan HP bekas.

Hal lain yang membuatku berpikir adalah, setelah aku dengan suksesnya memperdaya pras untuk menggantikan posisiku alias membeli sahamku merangkap penjaga di kios itu, usaha mereka sempat mengalami kemajuan karna inisiatif dari, emm..sebut saja Robin, untuk menambah jenis usaha.
Rental PS, ya…Play Station..
Dengan tambahan investor bernama Dani, usaha mereka sempat bergeliat..Tapi aku sama skali tak menyesal udah keluar..karna memang setelah keluar dari usaha itu aku ada kegiatan yang lebih menyenangkan..ahh, tapi gk bakal aku sebut disini!!hahahaha..
Poinnya bukan itu, tapi sebab hancurnya usaha mereka setelah aku pergi.
Eits, bukan karna aku pergi penyebabnya,maksudku hanya timing kejadiannya setelah aku pergi.
Sebab lain yang aku maksud td adalah “cinta”.

Kalo kata Andrea Hirata dalam novelnya yg fenomenal ‘Laskar Pelangi’, dia bilang cinta bisa membuat orang menjadi egois.. kalo menurutku, orang patah hati juga bisa jadi egois..
gak usah munafik, aku juga bakal jadi orang lain yang sama sekali beda, bahkan mungkin aku sendiri gk kenal ketika patah hati.
Yup, salah satu anggota pengusaha kios itu sedang mengalami gejolak hebat dalam kehidupan cintanya..
Entah karna kios itu kehilangan “tenaga administrasi sukarela” yang rela bekerja dengan upah cinta alias sukarela atau memang pelaku usahanya yang tak kuasa menahan rasa sakit akibat patah hati,, hanya Tuhan dan “pelakunya” saja yg tau jawaban persisnya.

Ada yang tanya gak maksud kalimat dari tenaga administrasi sukarela?
Jadi gini, sebut saja dia namanya mawar.. Wanita yang mau dengan sukarela membantu usaha kami tanpa bayaran sepeserpun hanya karna kekasihnya adalah salah satu pelaku usaha kios kami
Tanpa dia, mungkin pembukuan kami bakal kacau balau sejak hari pertama kami buka.
Yap, entah apa alasan yang mendasari mawar, dan memang itu terlalu privat untuk dibahas disini, kita langsung ke intinya aja..
Si mawar jadian dgn cowok lain dan putus hubungan dengan kekasihnya yang tak lain adalah mantan rekan usahaku tadi.
Pokoknya ini hanya singkatnya lho ya,,kalo ada yg gak terima dan pengen ngasih alasan kenapa jadian, kenapa putus silahkan langsung ke HP saya.
Tak berapa lama, usaha kios pulsa sekaligus rental PS tersebut kandas….
Memang selama aku melakoni usaha bersama ini, aku liat pihak wanita selalu ngalah ketika ada masalah..Entah bagaimana dgn masalah2 lain..Yang aku serap adalah yang aku lihat dengan mata kepalaku sendiri.
Ada pelajaran moral yang membuatku makin tak bisa tidur malam ini..
Sikap temenku yang skaligus mantan rekan kerjaku memperlakukan ceweknya ini mirip dengan sikapku terhadap cewekku..
Memang sampai bbrapa tahun si cewek selalu mengalah, tapi pada saatnya si cewek meledak dan membuat si cowok belingsatan…
Ini yang aku takutkan terjadi pada hubunganku..
Ahh, semoga yang terjadi di hubunganku adalah pihak cewek selalu tetap mau mengalah..
hahahaha, egois betul kau Adyatmaaaa!!!
Nah, berati ada beberapa pelajaran nih di bagian ini
Sebut saja pelajaran kedua:
Cinta membuat manusia mau bekerja lebih parah daripada buruh
Pelajaran ketiga:
Ketika anda marah, ingatlah jasa2 kekasih anda..
Serta, ingatlah ketika anda melakukan pendekatan dulu..Yang mana pasti kita semua bersikap sangat manis..hehe
Sebenarnya di poin ketiga ini aku baru bisa sebatas menulis..Blm bisa mempraktekkannya..
Tapi semoga aku bs berubah…
Pelajaran keempat:
Jangan biarkan perasaan membuat anda hancur, termasuk usaha anda!
Kasian rekan kerja anda…

Apalagi ya? padahal ketika aku berguling-guling di tempat tidur tadi serasa banyak banget yang pgn aku tulis…
Sudahlah, segini saja..

Advertisements

32 responses to “Pengalaman punya usaha memberiku beberapa pelajaran hidup

  1. haiyah…
    knp yg g disensor cuma namanya Pras j y??!
    wakakak..
    jd inget jaman2 gw jd target gosip nih…
    [walaw sekarang pun msh tetep jd intaian paparazi,, secara gw kan tenar!!]

    eniwei…
    ada ungkapan bagus nih:
    ketika cinta masuk jurang, sahabat nggak masuk jurang, knp? karena cinta itu buta dan sahabat sejati g pernah buta (selalu obyektif).
    tp demi cinta, sahabat pun rela nyemplung ke jurang, knp? krena sahabat selalu siap menolong dlm kondisi apapun.
    ketika di dalam jurang, si cinta cuma bisa menangis tetapi sahabat terus berusaha mencari jalan keluar, kenapa? karena cinta itu lemah, lain dgn shabat yg kalao bersatu bisa menyelesaikan segala masalah.
    nah,, ketika dah sampe di atas jurang (dah berhasil keluar) si cinta langsung pergi meninggalkan sahabat, akan tetapi si sahabat tetap menunggu di atas jurang agar si cinta g nyemplung lg untuk ke dua kalinya, knp? y karena cinta hnya ingat ketika susahnya aja, kl lg seneng mah seneng sendiri,, lain dgn sahabat yg terus saling menjaga, apalagi gara2 masalah cinta yg orang pinter pun jadi keliatan bego kalo lagi kesambet cinta (bisa nyemplung lagi nantinya)

    itu dulu komennya,, ntar kalo kepikiran kata2 bagus gw posting lg…
    [kenapa g gw posting di blg gw sendiri yah??!]

  2. Soalnya target gosipnya bukan si Parus lih…
    Makanya gk perlu sensor,,hehe….

    Wah, quotenya bagus…
    Dan masuk akal juga tuh….

  3. Nganu…
    Sebenernya saya ikut menggantikan afilisasi, atau apalah itu namanya, bukan karena sampeyan perdaya kok… Lha emang pada dasarnya saya kepengen nyobain ikut-ikutan berbisnis, itung-itung cari pengalaman… Abisnya, pas awal-awal ngerencanain buka usaha, aku gak diajakain sih… Tapi emang wajar ding, lha sebenarnya ketika sebelum ngerencanain itu aku bukanlah seorang tengkulak pulsa elektronik seperti para founding fathers itu…

    Nganu…
    Sebenernya dulu itu bisnisnya prospeknya lumayan cerah loh… Lha pas itu belum ada saingannya… Baru setelah bubar, di Chorus muncul kios pulsa elektronik juga… Sayang sekali, kapan lagi coba kita disamperin cewek-cewek cantik dari kos sebelah…walau cuma buat beli pulsa… Hehehehe…

    Nganu…
    Yang invest itu namanya Ghani, bukan Dani…

    Nganu…
    Cinta itu tentang take & give… Jadi ya kudu adil dan seimbang lah… Iya kalo “keliatannya” selalu mengalah, tapi tau-tau…JRENG!!! (opo iki maksud e??)

    Nganu…
    Kok tumben Ad dikasih nama samaran… Padahal biasa ne blak-blakan..?? Apik kok..apik… Tapi kok Si Robin gak pake nama sebenarnya aja..?? Toh kan gak masalah toh…

    Nganu…
    Itu foto-fotonya perasaan kenal deh dapet dari mana… Hwehehehe… Hak cipta ada pada saya tuh… Wekekekeke…

  4. hehe, makasih buat pelajarannya pak guru :p

  5. haiya kenangan masa lalu…

  6. hm..komen apa yah mer..??
    oiya, ayo kerjain TAnya mer ^_^

  7. iya tuh, malem2 ga bisa tidur kerjain TA aja sanaa…a
    Jangan nakal! Hwkwkwkwk..

  8. ->to-pras:
    Kok sampeyan jadi kayak pak RW sih??nganu..nganu…heeeeeekk…
    Mo minum ant*ngin skalian gak pak???

    Yang invest itu namanya Ghani, bukan Dani…

    Makasih koreksinya…Hehe..
    Hmmm,,aku takut klo gk disamarkan nanti ada yg protes…Soalnya saya bukan mau membahas hubungan mereka..Lebih ke supaya saya sadar saja dgn melihat mereka…
    Hahaha,,klo masalah foto..ya deh maaf,,nanti kita bicarakan masalah perijinan dibelakang saja ya…

    ->to-dzale:
    Sama2 pak

    ->to-dinan:
    Tumben mampir nan??
    Iya nih,,kenangan penuh pelajaran…

    ->to-yellowsweetbee:
    Masih m.a.l.e.s,,,,,,
    hehehe

    ->to-rei:
    Gyahahahahaha…
    uhuk..uhuk..uhuk..
    ampun rei,,ampun,,

  9. halah, daripada bisnis, rampungin dulu TA-nya. trus baru bisnis lagi biar enjoy… btw, daripada tu laptop gak kepake buat TA, kasih aku aja. mo ngerjain TA, sapa tau duluan aku lulusnya.
    huehehehehehe…….

  10. Ad, terus terang, selama kancah perbloganmu, ini adalah tulisan yang paling bagus, keren, inspiratif!! Bravo!

    Aku mau komentar dari dua sisi, pertama soal usahanya. Kalo menurutku, keputusanmu keluar karena labanya kecil (bukan rugi kan?) dan tidak seimbang dengan yg kamu keluarkan (tenaga, waktu, bensin, dll) itu keputusan yg lumayan tepat. Tapi, kalo aku lihat, setelah kamu keluar, justru kamu malah nganggur… Bukannya memulai usaha yang lebih prospektif. Jadi, kenapa keluar? Takut?

    Bisnis pulsa emang pasarnya udah jenuh, pemainnya kebanyakan. Kita mesti cari pembeda. IMO, si Ghani (nama ini artinya “orang kaya”) itu langkahnya udah tepat. Istilah pertaniannya, diversifikasi.

    Kalau pun kamu rugi, toh ini kan pengalaman pertamamu to? Emang paling banter rugi berapa sih? Seratus rebu? Dua ratus rebu? Cetiao? Notiao? Ah, itu sih masih kecil dibandingkan pelajaran yang kamu akan dapet nantinya.

    Aku dulu pernah sampe kena tipu (paling rugi) cetiao (sejuta). Jadi down? Jelas, umur seaku rugi cetiao itu banyak! Cuma dari situ kita kan jadi punya guru paling berharga: pengalaman. Oh, ternyata jangan gampang percaya ma orang. Oh, ternyata kalo transaksi itu semua harus clear/jelas/ada akadnya. Oh, jangan taruh semua telur di keranjang yang sama. Coba sesekali kamu ngobrol ma yang punya Toko Maju (tau kan? Yang palanya botak, biasanya berdiri di deket kasir, pake celana pendek), atau sesekali sama yang punya Toko Komputer. Lumayan dapet kuliah bisnis gratis.

    Terus soal ini…”Oke, berati pelajaran pertama adalah jangan memulai usaha tanpa pertimbangan matang, baik itu jenis usaha maupun tempatnya sendiri.” Menurut pendapat aku, kesimpulanmu ini tidak sepenuhnya tepat. Perhitungan emang penting. Tapi jangan kebanyakan. Aku selalu bilang gini kalau mau mulai “Oh, kalo rugi segini pun, aku ndak bakal bunuh diri”. Selanjutnya, bismillah saja.

    Jadi, kamu sekarang punya unit usaha apa aja?

    Kalau soal cinta-cintaan. Aku cuma bisa bilang satu hal: de-ja-vu. Hla kok sama ya? Mungkin ini bisa dijadikan penelitian nih.. Hehehehe..

    Ah, si Dinan mah emang lurker. Dia itu baca semua blog tmen2 kita, cuma ga mau muncul ngasih komentar. Ga tau tuh apa motifnya. Mungkin dia pengen mergokin kita ngomongin dia di blog? Wkwkwkw..

    Ayo Nan?!?!? Jangan jadi pengecut!! Keluar kamuuu!!!! Berrrrandaaaallll!!!! *niru2 gayanya Pak Mustar di novelnya A.Hirata yang Sang Pemimpi*

  11. Oia, ada quote “semua berawal dari garasi” (kalo ga salah Bill Gates). Tapi, mbok ya itu agak bonafid dikit “belakang panggung”nya. Masak ada kardus2 gitu, kayak tunawisma ajah…

    *mulai OOT*

  12. Pelanggan SoqGaoel Yth.
    Besok insya Allah, saya, Prabowo Murti, direktur utama Muhajirin Softmedia Inc (sekaligus pemilik merek dagang untuk produk SoqGaoel) akan pulang ke kampung halaman. Untuk itu segala macam urusan administrasi, pelayanan keluhan pelanggan, pengembalian sisa uang pembelian produk kami, akan berhenti mulai tengah malam nanti hingga tanggal 10 Oktober 2008. Demikian agar menjadi maklum.

    Segenap direksi, manajer operasional, karyawan (aselinya emang sendirian) mengucapkan Selamat Idul Fitri bagi Anda yang merayakan, Mohon Maaf Lahir Bathin. Sampai jumpa pada produk2 kami selanjutnya. Terima kasih dan selamat malam.

  13. Setuju sama sangprabo..!!
    Kalo pengen dapet passive income hingga puluhan jeti, yang katanya, tanpa banyak buang-buang tenaga/uang/waktu, mending ikutan MLM ajah… Hwehehehe..

    Nganu… ngomongin Dinan wae nyok, ben orangnya juga ikutan komen… Wekekekeke…
    Peace, love, and gaul Nan…

  14. ->to-sangprabo:
    makasih pujiannya bo, smoga bisa jd cambuk buatku untuk menulis sesuatu yang mampu memberi masukan kepada pembacanya..

    Hehehe,,soal usaha, aku gk akan pernah kapok utk bikin usaha lagi..tapi nanti,,paling tidak aku pengen selesaikan dulu urusan kuliah biar gk buang duit..
    Kasian orang tuaku..
    6bulan sekali harus buang duit cuma untuk menambah tebal kantong pejabat di ‘kampus kita itu’..

    ->to-sangprabo dan Pras:
    Ayo,,ayo!!!Mana dinan?!!
    Jangan cuma sembunyi aja!!
    Keluar!!
    hahahahaha….

  15. to All:
    Mari kita posting ngomongin dinan biar dia komen terus!!!
    Hahahahaha

  16. Terima kasih juga Ad, telah menyebarkan virus wirausaha. Btw, doakan anaknya Pak RT bisa lunak hatinya, coz lelaki sebelum ini yang mengisi hatinya: punya Honda Jazz. (Atau kamu bisa doain aku punya Lancer Evo X dalam waktu 2 bulan).

  17. Si Dinan mah, “itu”nya kecil, makanya enggak punya nyali buat muncul. Huihuihuihui…

  18. mimpi adaLah kunci,untuk kita menakLukkan dunia
    berLariLah,tanpa LeLah,sampai engkau meraihnya..
    Laskar pelangi,takkan terikat waktu..
    bebaskan mimpi mu diangkasa,warnai bintang dijiwa…

    MenariLah dan terus tertawa,
    waLaw dunia tak seindah surga..
    bersyukurLah pada yang kuasa..
    cinta kita di dunia,seLamanya…

    cinta kepada hidup,memberikan senyuman abadi..
    waLaw hidup kadang tak adiL
    Tapi cinta Lengkapi kiTa…

    Laskar peLangi takkan terikat waktu,,,jangan berhenti mewarnai jutaan mimpi di bumi….

    (wkwkwkwk,,ne Lyric Laskar pelangi d hapekuh.kuh tuLis sambiL dgrn mp3)hehe..

  19. hmmmmmmmmmmmmm…………………..

    kenapa dulu gak buka warnet aja ya?

  20. ->to-asihgemini:
    Wahaha,,maap lupa bales..
    Enak aja,,km kan kaya..beliin aku laptop lagi dong!

    ->to-ayunech:
    Huweeeee,,hebat euy bs ngikutin lirik lagunya diketik di hp…

    ->to-pramudianti:
    Warnet modalnya banyak..gk kuat patungannya…

  21. aku melu….melu komen maksude…
    ahahahahaha, lucu juga ceritamu dya…cukup menginspirasi….
    yang penting, lakukan yang terbaik, ikuti suara hati….
    😀

  22. Makasiiiiiiiiiiiiiiiih,,
    fi, aku ganti theme gara2 km juga pake theme yg sama lho…hehehe Njuk ngopo yo?

  23. aku komen bagian awalnya aja deh..

    Belom lagi aku selalu berkilah laptop sangat membantu TA yang akan aku kerjakan, tapi nyatanya hingga detik ini aku blom juga mulai menjalankan fungsi laptopku untuk membantu TA..

    haha,, aku bangetz..!!!

  24. untung kamu yang ganti, jadi aku gak usah ganti deeh…hahahaha 😀

  25. kita bisnis klub hiburan malam aja piye? 😆

  26. ->to-anginbiru:
    Huehehehe…ternyata yg punya dosa seperti itu bkn cm saia..
    ->to-afigakmaniez:
    Huuuuuuuu
    ->to-joesatch:
    Boleh!!
    Tinggal diatur saja bentuk kerjasama kita
    Gyahahahaha…!!!!

  27. Pingback: PR tentang saya… « Heart Contents

  28. akhirnya semangat berwirausaha bisa menyebar ke adik2 kelas2 ku yang jelek2….hehehe maju terus anak muda indonesia, mari kita rubah paradigma anak muda kalo lulus nyare gawe tapi lulus langsung ongkang2 karena sejak kulia sydah merintis bisnis…
    ingat nasihat Rosul: “jika kamu ingin mendapat Rizki yang berlimpah,maka berdaganglah” (terbukti #1 terkaya di duni,kang Bill Gates yang Jelek,punya usaha software)
    tapi bukan berarti yang ga bisnis ga sukses..itu namanya Nasib mas,tapi kalo mengikuti perintah Rosul,Insya Allah Baik jalannya…

    buat nanang:
    ayo gek digarap skripsimu,.nek kesuwen selak pejabate kampus mu lemu2,mergo mbok bayari terus SPP ne,skali2 rasah di bayar nang..

  29. nek ra dibayar teneh aku rasido lulus….
    Okay, mari kita berwirausaha!!!

  30. wew mas aday…ternyata kmu punya pengalaman gni yah….lumayan, dpt pelajaran hidup dr “org tua” hehehe…tukeran link yuk mas….
    kita menjalin silaturahmi…

  31. asem ikh, ddibilang orang tua..
    hiks,,
    gpp, yg penting berjiwa muda!!

    yuk2, segera tak masukin blog-roll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s