Lelah……………

“Seorang remaja pria berumur 15-25 tahun dan remaja wanita berumur 20-30 tahun sangat rentan terkena gangguan jiwa”, begitu kata seorang ahli psikologi saat memberi kuliah 1/2 sks-nya di depanku..

Gejala-gejala yang sangat nampak ketika si remaja akan mengalami ‘korslet’ ialah mengalami suatu sikap yang dinamakan inkonsistensi.
Contoh-contoh dari inkonsistensi menurut sang ahli tadi ialah, si suspect td mulai suka ngomong yang tidak konsisten, misalkan hari ini dia ngomong pengen melakukan “A”, tetapi selang 1-2 hari dia sudah melanggarnya sendiri.
Contoh simpelnya, si Bud gak pgn bajunya keluar alias tetep rapi..Tp tiba2 dia datang dengan dandanan yang tidak biasanya.
Contoh lainnya si suspect mulai melakukan hal-hal yang tidak wajar dilakukannya, seperti tiba2 melakukan suatu kebaikan, atau mulai berbicara seakan-akan dia pintar dan sangat mengerti akan suatu hal, tak jarang pula dia menjadi manusia yang mengobral pujian.

Penyebab dari gangguan jiwa ini bisa amat beragam, dan biasanya dapat terjadi disaat otak manusia tak mampu lagi menampung air pemikiran hingga akhirnya meluap keluar.. Ibarat gelas yang terus-menerus dituangi air, maka lama-kelamaan air tersebut akan tumpah dan luber..
“Luber”nya pemikiran itu tadi bisa berbentuk amukan, cacian, atau bisa juga kalimat puji-pujian kepada Tuhan yang dipercayainya.
Ada lagi penyebab lain dari gangguan jiwa yang rentan terjadi disaat umur 15-25 (Pria)/20-30(wanita), yaitu pengaruh dari ilmu atau bacaaan yang terlalu berat untuk dicerna.
Padahal untuk sesuatu yang berat tersebut dibutuhkan guru yang memang sudah ahli di bidang tersebut. Sehingga efeknya, dengan pemahaman yang rendah alias belon nyampe’ si remaja ini berusaha mengamalkan dan menganggap semua yang diajarkan oleh buku/ilmu tersebut paling benar. Padahal dia sendiri merasa masih sangat jauh untuk mencapai kebenaran menurutnya itu tadi,,,Dan efek yang terjadi adalah dia merasa sangat bersalah karna masih jauh untuk mencapai tingkatan kebenaran versinya yang notabene tanpa guru alias tafsiran dia sendiri itu tadi.. Lhah, kok jadi banyak kata-kata “itu tadi” ya??? Hahahaha,,,,,

Nah lho nah lho,,,, apakah temen2 disekitar kalian ada yang menampakkan gejala2 inkonsistensi?????
Atau tanpa sadar sebenarnya anda sendiri udah mulai2 gt??
hehehe,,, ati2 aja… Segera beri teman anda perhatian lebih, ajak curhat klo perlu.. Paksa dia mengungkapkan masalahnya… Jangan sampai terlambat,, Toh siapa yang mau temen kita kena gangguan jiwa seringan apapun??
ya to???

Oiya, sebelumnya saya minta maaf kepada dua teman saya karna mendahului menuliskan tentang tema kita bersama ini.. Klo orang jawa bilang selak lali (keburu lupa)..hehe,,,,

Advertisements

9 responses to “Lelah……………

  1. Muuukeee jombiiii!!!!! Dasar plagiator! Hahahaha.. Si wai ga mgkin ngblog,brarti psaing Anda tinggal sya.B-)

    Dunia,sksikanlah kmahadahsyatan tlisan sangprabo!:-D

    *hiks2, web.ugm.ac.id kok g bs dbuka ya..? Mgapa Engkau tak Brpihak pd hmbamu yg pk gprs ya Allah.. 😦 Aq cm bs ngmng doang..

  2. aku sendiri kayaknya mulai inkonsisten…huhuhuhuhu…
    memang masih terlalu muda. sangat sulit mencoba setia pada satu wanita

  3. lah emang koe nek kuliah ngateke po??
    mbojo tok wae.. kekekeeeee

  4. emange koe nek kuliah sok ngatek ne po?genah mbojo terus koq..

  5. ->to-sangprabo: Halah!!! Cuma plagiat judul kuliah aja kok,, dikit lah dikit..
    Bukan why maksud saya bow, tapi parus..
    Tp kita punya keunggulan dibanding dia,,, karna parus gak ikut kuliahnya…

    ->to-shellingford : Haiaaaaaah,,iki inkonsisten yg sudah berbeda esensi jon!!!

    ->to-trojan : Ini bukan kuliah biasa bos,, ini kuliah extended…

  6. sempet juga sih nyari-nyari jawaban atas segala sesuatu di dunia ini. “kenapa kok gini? kok gitu?” yah masa2 itu udah lewat kok.
    @aday: kalo kalian mbahas dari sisi ilmunya,ntar aku bahas dari segi yang laen,kayaknya sih…

  7. ->to-adhijogja :
    Aku jg pernah mengalami masa itu,, sama kyk kmu.. Tapi untungnya kita bisa lewat tanpa hambatan yang besar,,,

  8. Pingback: The Daily Blogger » Stress Management

  9. Pingback: Stress Management : AdhiPrasetia•Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s