Penemuan bekas kraton Sultan Agung

Sebenernya tulisan ini dah lama bgt pgn aku posting, tp gara2 dulu internet rumah lagi agak kacau, ya akhirnya baru skrg bisa di-posting..

Ini dia tulisan yg udah sejak awal2 KKN pgn aku posting:

Wah!!! Akhirnya aku bisa ngenet jg walopun harus mencuri-curi waktu!!!
Ini ni oleh2 yg tak bawa dari lokasi KKN yg bertempat di Kecamatan Pleret….

Ceritanya bermula ketika kelompok kami mengujungi kelurahan Pleret untuk “Kulonuwun” sama pak Lurah,,,Tp berhubung si pak Lurah blom dateng, kami diterima oleh Carik kelurahan tersebut..
Singkat cerita, sang Carik menceritakan ttg penemuan baru-baru ini di kecamatan pleret ini, yaitu bekas kraton Sultan Agung yang baru saja ditemukan oleh warga sekitar ketika menggali tanah..

Sebenarnya di kecamatan Pleret juga pernah ditemukan bekas Kraton Pangeran Amangkurat I, dan bahkan dibuat tempat wisata hingga menghabiskan dana 3 milyar rupiah,,Akan tetapi menurut mas dari Dinas Kebudayaan yg saya temui di lokasi penggalian, t4 tersebut skrg sepi karna menurutnya ada hubungannya dengan kelakuan Si Pangeran yg katanya bermoral busuk, sehingga wartawan dan masyarakat kurang respect dengan situs peninggalan Amangkurat tersebut..

Nah, gak usah bertele-tele langsung saja aku mulai berbagi fotonya :
Ini ni jalan menuju lokasi penemuan Kraton Sultan Agung..

pic_0027.JPG
Masih sangat kumuh asli, soalnya ni penemuan emang blom dapet dana sedikitpun..
Bahkan katanya buat jalaninnya masih utang!!

Nah, ini kami berpose sama mas yg dari dinas Kebudayaan di belakang “soko guru” bekas kraton..

pic_0014-edited.JPG

Dan gambar di bawah ini diperkirakan jalan masuk menuju Pendopo Kraton..

pic_0016.JPG

Ini diperkirakan tembok Kraton, tanpa semen…

pic_0020.JPG

Trus klo ini apa ya???
Lupa…
Maklum dah 2 bulan yg lalu sih..hehe,,
Kyknya sih ini juga jalan masuknya, alias tangga menuju pendopo..

pic_0026.JPG

Eh, sapa tuuh..???
Hehe,, itu ya salah satu arkeolog yg dengan antusias bekerja tanpa dibayar bahkan nombok!!

pic_0022.JPG

Nah itu td salah satu oleh2 dar KKN,,

Setelah 2 bulan berlalu, jadi kayak apa ya situs itu??
Jd pengen liat…

Advertisements

10 responses to “Penemuan bekas kraton Sultan Agung

  1. Salam kenal…maaf saya minta gambarnya buat tugas kul ya…

  2. Bayar!!!!
    Hahahaha,,,ya ya ya,,silahkan..
    Oiya, salam kenal juga..

  3. kalian belum tahu selengkapnya kan dimas/nimas ? kunjungi tembi.org. kebetulan kangmasmu ini alumnus ugm juga lho. pernah lihat gunung kelir makam istri Amangkurat Agung ? pernah lihat segarayasa, samudera buatannya sultan agung ? pernah lihat makam arsitek mesjid agungnya sultan agung ?

    salam

  4. Ni orang diatas kok sombong banget???
    Pake nama kraton pula…
    Bsk saya mo minta gelar sama bapak saya ah biar ada nama ningrat juga dibelakang nama saya…..

  5. kok tulisannya nanggung.padahal menarik bangetz.

  6. Wah, sewaktu saya nulis artikel ini kondisinya gak tau banyak..
    Jadi bingung juga kan mo nulis apaan…
    Titik beratnya cuma mo menginformasikan adanya penemuan ini saja..

  7. Bagus…maturnuwun infonya,tambah kaya history kita,ngga sabar pingin berkunjung jadinya ..The Great Sultan Agung..salam

  8. yang poenya rumah budaya tembi ko orangnya Arogan Berat ya gk peka & sensitive secara sosial.., untung gk dikasih julukan uwong2x ”Rumah Budaya Arogan”

  9. ..yg poenya rumah budaya TEMBI ko orangnya Arogan Berat ya gk peka & sensitive secara sosial.., untung gk dikasih julukan uwong2x ”Rumah Budaya Arogan”..

  10. aku wong wonokromo pleret
    neng aku kok ra tau entuk dongeng kui yo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s