Kotagede masuk 100 situs paling terancam

Pagi tadi, seperti biasa klo lagi gak ada kuliah, aku makan sambil baca koran…Kebetulan pula memang kuliahku udah kosong karna abis Ujian Akhir Semester.
Koran yg aku baca adalah koran langganan keluargaku sejak puluhan tahun lalu…
Koran ini memang sudah menghiasi teras rumahku setiap pagi.

Langsung aja ke pokok bahasan kali ini, di halaman pertama bagian pojok kanan bawah, aku dapati berita ttg Kotagede.. Terus terang aku tertarik dengan berita tentang kotagede ini karna selain pesonanya yang eksotik juga karna nenekku tinggal di kota bersejarah itu..
Setelah agak kaget baca judulnya, aku pun melanjutkan baca artikel tersebut..

Yang pengen aku soroti sih, tentang bantuan dari Pihak Asing yang membangun salah satu Joglo
yang hancur karna gempa bumi 27 Mei 2006 silam…
Di koran ini disebutkan bahwa pembangunan joglo yang hancur tersebut merupakan bantuan dana dari Belanda! Lhah???Pemerintah kita ngapain??

Dan yang bikin aku kagum, pihak dari Luar Negeri ternyata pernah juga membantu untuk pembangunan Tamansari yang dulu pada tahun 2001 pernah juga masuk kedalam 100 situs terancam (Kedaulatan Rakyat, 15 Juni 2007).
Dan dengan harapan akan mendapat bantuan pembangunan pula, Jogja Heritage Society mendaftarkan Kotagede ke World Monument Fund dan selanjutnya dinominasikan menjadi 100 situs paling terancam…..

Hmmmm,,,karna Pemerintah kita seakan-akan gak mau mengurusi lagi, akhirnya kita hanya bisa berharap bantuan dari Pihak Asing…
Indonesia….Indonesia…

Sumber Inspirasi: http://www.kr.co.id/article.php?sid=127121

Monggo gambar disamping itu di klik

6 responses to “Kotagede masuk 100 situs paling terancam

  1. ya.. KotaGede yang eksotis itu belum sempet terekslporasi.. konon KotaGede dulu adalah calon cikal bakal Kraton Jogja..

    Selain sentra kerajinan perak, ada satu jajanan khas yang hampir punah.. kipo namanya.. uh.. saya belum sempet jelajah untuk mencicipi sensasi penganan dahsyat ini..

  2. ->to-zam:
    Wah, klo kipo saya dah sering makan mas… Maklum nenek kan dulu jualan di pasar, jadi sering bawa kipo sbg oleh2nya…
    Sebenernya rasanya biasa aja kok… Tp karna itu makanan langka ya rasanya jadi istimewa..

  3. KOtagede,,kotagede…Bikin kangen…!
    secara,,ne2kquw jg dsono lhow nang..??
    knal mbah darwin g??
    moso’ g’ knal??
    mbah darwin tu,,orang yang plg berarti,,plg quw sayangi,,plg quw hormatin..
    klu g’ ad simbah,,g’ mungkin quw bs dsini..
    Y g’ nang??(LhoW,,jare,,pura2 g’ knL)..hohohohohoho…

  4. ->to-ayunech:
    Kenal!!!!
    Kan mbah Darwin terkenal..Hehe,,Sayang sudah meninggal!!
    Yg ada dan semoga panjang umur serta sehat selalu tinggal Mbah Putri,,,
    Tp mbah putri jg bentar lg pindah rmh..Beliau mo pindah dkt rmhku lho!! Dah tau blm???

  5. saya bantu lewat karikatur dalam sampul majalah TITEN EDISI 8 , mudah-mudahan bebrapa pihak yang cinta budaya akan tergugah menyelamatkan cagar budaya ini. bukan malah ajang jual beli.

  6. ->to-Nurokhman:
    Saya sih mendukung sahaja…

Leave a Reply

